My Photo Skulll

Pertarungan seru

naruto vs sasuke timeskip 2

2.10.2008

Muncul Bareng

Venus dan Jupiter terlihat berpadu dengan Matahari terbit di ufuk timur. kredit gambar : StellariumApa yang Anda lakukan saat Matahari belum terbit? Masih di ranjangkah? Atau tengah bersiap-siap untuk memulai kegiatan hari itu? Tanggal 1 Februari, mulai pukul 3.40 WIB, di ufuk timur akan tampak Venus, si bintang fajar dan Jupiter, yang terbit bersama-sama. Hingga matahari terbit, Anda masih berkesempatan untuk menikmati keindahan sepasang planet yang sedang terlihat bersama-sama di kepala Sagitarius pada medan pandang yang sama, dengan binokuler atau teleskopAnda. Bahkan, jika tidak memiliki teleskop, duet maut kedua planet ini masih akan dapat tertangkap oleh mata Anda. Venus dan Jupiter akan terlihat dekat dengan rasi Sagitarius.

Perpaduan Venus dan Jupiter di rasi Sagitarius yang sedang memanah Scorpio. Di rasi Scorpio tampak Bulan dan Antares  juga bersinar terang. kredit gambar : Stellarium
Perpaduan Venus dan Jupiter di rasi Sagitarius yang sedang memanah Scorpio. Di rasi Scorpio tampak Bulan dan Antares juga bersinar terang. kredit gambar : Stellarium
Tapi, Venus dan Jupiter bukan satu-satunya pasangan yang terlihat bersinar sebelum Matahari terbit. Sedikit lebih jauh, akan terlihat Bulan dan Antares di rasi Scorpius yang juga indah untuk dinikmati. Keduanya akan berada terpisah, namun kecerlangan si raksasa merah dan Bulan masih akan dapat ditangkap oleh mata. Antares merupakan bintang paling terang yang ada di rasi Scorpio. Pagi itu, akan terlihat duet dua planet di dekat kepala Sagitarius yang memanah Bulan dan juga Antares di rasi kalajengking tersebut.

Nah, sekarang di mana kita dapat mencari objek-objek tersebut? Arahkan pandangan Anda ke garis ekliptika, sebuah garis imajiner yang menjadi garis lintasan Matahari, Bulan dan planet di langit. Fenomena dekatnya Jupiter dan Venus tidak hanya terjadi pada tanggal 1 Februari 2008. Dalam beberapa hari ini, setiap pagi, kita juga bisa melihat keduanya berada dalam posisi berdekatan. Namun, kalau dirunut mulai pagi ini (30 Januari 2008) sampai dengan tanggal 1 Feb, Jupiter akan tampak perlahan-lahan merayap naik dan melintasi Venus.

Pada tanggal 1 dan 2 Feb, keduanya akan tampak berada sangat dekat, bahkan seakan membentuk noktah besar. Pada tanggal 3 Februari, Jupiter terlihat meninggalkan Venus sedangkan Bulan akan terlihat membentuk satu garis lurus dengan kedua planet. Dan di tanggal 4 Februari 2008 dini hari, Venus, Jupiter dan Bulan akan terlihat membentuk segitiga di angkasa.

Venus, Jupiter dan Bulan yang tampak membentuk garis lurus pada tanggal 2 dini hari. kredit gambar : Stellarium
Venus, Jupiter dan Bulan yang tampak membentuk garis lurus pada tanggal 2 dini hari. kredit gambar : Stellarium
Venus, Jupiter dan Bulan yang tampak membentuk segitiga pada tanggal 4 Februari dini hari. kredit gambar : Stellarium
Venus, Jupiter dan Bulan yang tampak membentuk segitiga pada tanggal 4 Februari dini hari. kredit gambar : Stellarium

Jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikan moment tersebut. Sediakan kamera Anda, dan selamat menikmati indahnya langit di pagi hari.

Untuk melihat pergerakan dan posisi kedua planet, bisa dilihat di www.langitselatan.com/skymap/. Namun untuk itu browser Anda harus mendukung java.

2 komentar:

leoneri mengatakan...

Hi Satria ... senang sama Stellarium ya?

Baguslah ... saya juga hemofilia A, dan dari waktu kecil dulu hobinya memandang langit dan bintang-bintang. Dulu kalo anak-anak lain pada olahraga, saya hobinya diem di perpus baca buku-buku IPA. hehehe, mungkin aja hobi kita sama ya ...

Mudah-mudahan cita-citamu tercapai.

Kalau kamu memang tertarik dengan science, maka kerjakan dengan penuh semangat, karena science itu indah dan menyenangkan :)

pesan saya, jangan benci sama matematika ya ... :)

Salam dari Arnhem, The Netherlands.

-----
Wahyu

Satria Danan Jaya mengatakan...

makasih ya


sAtria